Blogger news

Friday, 15 August 2014

Me Trying to Speak English

Good afternoon guys, so yesterday i promised that i'm going to tell you why recently i like to have a conversation in english.

Ceritanya sudah beberapa bulan ini, sekitar 2 bulan gue membiasakan diri gue untuk menggunakan bahasa inggris lebih sering dari biasanya. Kenapa gue memutuskan buat ngelakuin hal ini? Simple aja sih alesannya, gue pengen bisa lancar bahasa inggris. Gue ini punya ketertarikan lebih sama bahasa inggris dibanding bahasa2 lain di seluruh dunia. Gue selalu ga ngerti sama orang yg ga suka bahasa inggris, walaupun gue ga jago bahasa inggris, tapi belajar bahasa inggris itu perlu, banget malah kalo gue bilang. Gue beruntung mengerti bahasa inggris tanpa pernah ikut les, walaupun kemampuan bahasa inggris gue masih dibawah rata2.

Kita flash back dulu kenapa gue suka bahasa inggris. Pertama gue mau ngucapin makasih ke kakak gue yg secara ga langsung udah membuat gue familiar sama bahasa inggris. 15 tahun lalu saat gue masih di bangku SD, gue inget kakak gue suka dengerin lagu barat. Gue inget waktu itu westlife lagi ngeboom banget dan gue bisa pastikan pelajaran bahasa inggris pertama gue dimulai dari situ karena kelas 1 SD kita belum diajarin bahasa inggris. Beruntung jaman sekarang udah ada pelajaran bahasa inggris, bahkan sejak masih di bangku playground.



Kedua, gue sangat beruntung besar dimana MTV Asia masih ada di Indonesia. Menghabiskan masa kecil dengerin lagu lagu dari Backstreet Boys, Westlife, Natalie Imbruglia, Spice Girls, The Moffats dll bikin gue makin suka sama lagu barat dan familiar dengan bahasa inggris.


Back to the story, gue biasa dengerin lagu westlife yang disetel kakak gue dan percaya atau ga gue hapal semua lagunya, yes semuanya. Tapi ya namanya anak kecil hapal sih iya ngerti mah enggak hahaha. Dan satu ketika karena gue suka dengerin lagu barat nyokap gue pernah bilang
"nyanyi doang kamu ngerti ga artinya?"
sebagai anak SD gue tergugah dong, mulai lah gue ngambil sampul kaset dan kamus bahasa inggris. Dari situlah gue mulai interest sama bahasa inggris.

Masuk ke kelas 4 atau 5, mulai ada pelajaran bahasa inggris, yeay1!. gue excited karena gue pengen ngerti banyak tentang bahasa inggris, dan gue merasa pintar (yes) karena ke sok tauan gue. Gue ngerasa pinter karena banyak kata yg gue udah ngerti sebelum guru gue jelasin di kelas. Semasa SD gue seneng banget bahasa inggris.

Sampai pada suatu ketika semua itu tak seindah bayangan gue, gue masuk SMP dan bencana itu dimulai.
GRAMMAR LESSON.
Bahasa inggris tak semenyenangkan dulu, gue gagal disemua-muanya. Dan sampai sekarang gue masih ga ngerti soal grammar, GOD!
Itu yang bikin gue takut berbahasa inggris, karena gue tau gue ga ahli di grammar, gue takut salah takut di judge dan blah blah blah.
Gue cukup agak lumayan jago menerjemahkan bahasa inggris ke bahasa indonesia, tapi kalo kalian nyuruh gue nulis bahasa inggris, respon surat, tulis komen dalam bahasa inggris itu bikin gue merinding.



Sebenernya bisa aja pas SMP gue ikut les bahasa inggris kaya temen-temen gue tapi gue terlalu males ikut yang begitu2an jadi ya beginilah hasil akhirnya. Eh tapi kalo boleh jujur, temen gue yg dulu ikut les bahasa inggris dan gue yg ga ikut inggrisnya juga ga lebih jago dari gue. Ya balik lagi ke kemauan sih sebenernya.

Back to topic, tibalah gue pada pemikiran yang terlintas di otak gue beberapa bulan lalu.
Sebenernya kita bakal bisa ngerti satu bahasa kalo kita kebiasaan dan sering lakuin. Kaya kita ngerti indonesia. Kita terbiasa dari kecil walaupun kita ga sekolah pasti kita ngerti. Dari situ gue punya keinginan untuk memakai semua kemampuan bahasa inggris gue di kehidupan gue sehari-hari. Mungkin bukan dikehidupan sehari-hari yg real juga, karena nyokap gue mungkin ga ngerti gue ngomong apaan. Jadi gue memutuskan buat ngetwit pake bahasa inggris.

Gue sadar ada begitu banyak orang yg lebih jago dan master berbahasa inggris di twitter dan di dunia maya sana yang mungkin bakal nge judge gue pas gue salah grammar atau typo. Tapi gue ga peduli yg gue pikirin gue pengen bisa lancar bahasa inggris. Dan gue udah ngelakuin ini selama 2 bulan.

Jujur ini membantu, karena setiap gue ngeliat profile gue dan ngecek twit gue sebelumnya dan gue sadar twit gue sebelumnya ada salah gramar or typo gue bakal "Yaampun gue kenapa nulis kaya gini, harusnya gue nulis begini" dan gue ga bakal ngelakuin hal yang sama lagi besok2. Tapi kalo kalian notice gue ngelakuin hal yang sama di setiap twit gue dan itu salah, berarti gue belum sadar kalo gue salah. Kalian bisa kasih tau gue, gue seneng dikoreksi.

Jadi menurut gue semua hal itu yg terpenting adalah latihan, latihan dan latihan. Oya satu lagi, biasain, karena kalo kita terbiasa akan sesuatu lama-lama kita akan jago dengan sendirinya. Itu sih menurut pemikiran gue. Jadi semua yg kalian liat di twitter, path dan social media gue lainnya bukan karena gue pengen keliatan keren pake bahasa inggris, gue lagi practice, practice makes perfect.THE END

Itu semua alesan kenapa gue suka berbahasa inggris belakangan ini, kalau kalian suka sesuatu dan pengen belajar sesuatu just do it, terserah apa kata orang yg penting kalian enjoy dan bisa dapet hasil dari apa yg udah kalian lakuin selama ini. See you on the next post, byeeee

No comments:

Post a Comment