Blogger news

Tuesday, 13 January 2015

Jalan - Jalan: Jakarta City Tour Bus

Halo people on the internet! Kalian tau dong bis tingkat? atau yg biasa disebut double decker bus. Hampir di seluruh kota-kota besar di seluruh dunia punya bis ini buat menunjang sistem pariwisata negara mereka. Kaya yg udah terkenal banget yaitu double decker-nya London ini.

picture www.treehugger.com
Buat kalian yg ga tau, Indonesia juga punya double decker bus. Ada 3 kota di Indonesia yg udah pake bis tingkat ini buat memfasilitasi para wisatawan buat keliling kota, yaitu Solo, Bandung dan Jakarta. Untuk di kota Solo bisnya dikasih nama Werkudara dan warnanya merah mirip kaya double decker di London Inggris. Buat naik Werkudara dikenakan tarif tiket Rp 20.000 per orang. Bisa diliat di web surakarta.go.id

picture www.surakarta.go.id
Lalu di Bandung juga ada dan dikasih nama Bandros, double decker di Bandung ini dengan atap terbuka dan bisnya juga dengan model vintage gitu, unik banget. Menurut info yg gue baca buat naik bis ini ga dikenakan biaya alias gratis.

picture www.kesekolah.com
Di Jakarta juga ada loh bis tingkat, sebelum ada Jakarta City Tour Bus jaman duluuuuuu banget pas gue masih kecil gue pernah naik bis tingkat. Tapi bis tingkatnya bukan buat city tour, tapi ya transportasi umum biasa. Kaya gini penampakannya:

picture kaskus.co.id
Sekarang pas tau di Jakarta ada City Tour Bus dan bisnya bis tingkat gue jadi penasaran pengen naik lagi buat kedua kalinya. Pastinya bisnya much much much better dari gambar diatas. Ini dia penampakannya.

picture beritainfosehat.blogspot.com
Yap, warnanya ga merah, mungkin kalo merah nanti ketuker sama Transjakarta alias busway. City tour jakarta beroperasi setiap hari dari jam 9 pagi sampe jam 7 malam. Karena penasaran akhirnya gue putuskan buat naik city tour jakarta ini kemarin siang. Ini dia perjalanan gue.

Gue dari rumah sekitar jam setengah 12 siang menuju Blok M karena gue harus naik Transjakarta busway jurusan Blok M kota buat sampe di shelter City Tour ini. Buat yg belum tau sekarang busway harus pake e-card dan bisa dibeli di setiap halte. Gue memutuskan buat turun di shelter HI, tapi ternyata gue harus turun di Sarinah karena busway ga berhenti di HI. Kenapa ga berhenti di HI? Kayanya sih karena masih ada proyek MRT jadi belom bisa berhenti di halte HI.

Kalian bisa tunggu di shelter yg ada lambang ini
Gue sampe di Sarinah jam setengah 1 siang, apesnya adalah pas gue turun dari Busway gue masih liat itu "Mpok Siti" lewat tapi pas gue turun dan tungguin ternyata baru ada lagi jam 3 kurang. Jadi gue saranin datengnya jangan jam 1-2an siang ya, karena kemungkinan lagi off break crew city tournya.
Dan beberapa view yg bisa kalian liat dari bis ini antara lain

Dan masih banyak lagi yg bisa diliat, kaya Masjid istiqlal, gereja katedral, museum nasional, istana negara dan masih banyak lagi. Dan satu lagi, it's free. Gue gatau sampe kapan city tour ini gratis tapi sampe gue naik kemarin sih masih gratis. Buat yg mau tau jalurnya, ini dia jalur yg dilewati bis City Tour Jakarta:

Jalan Merdeka Barat – Jalan Merdeka Selatan – Balai Kota Jakarta – Jalan M.H. Thamrin – Sarinah – Bundaran Hotel Indonesia (HI) – Plaza Indonesia – Jalan M.H. Thamrin – Jalan Majapahit – Harmoni – Jalan Ir. H. Juanda – Pecenongan – Jalan Veteran – Pasar Baru – Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) – Jalan Gedung Kesenian – Jalan Lapangan Banteng Utara – Jalan Katedral – Katedral – Mesjid Istiqlal – Stasiun Juanda – Jalan Veteran – Jalan Veteran 3 – Jalan Merdeka Utara – Istana Negara – Jalan Merdeka Barat

Check out my video below :)

12 comments:

1. Jadi pengen nyobain nih buswaynya :)

ReplyDelete
  2. Hahha..... Nice move nih kepala daerah yang baru . punya inovasi buat penduduknya. yah semoga pembenahan lebih bisa di terapin di tahun2 berikutnya. gak asik juga kan kalo misal jalan2 pake bus tingkat terus kejebak macet haha....

btw nice share... boleh loh mampir :p http://www.kadalngeshot.com/

3. kayanya seru. kapan-kapan ajak gue lah naek bis tingkat haha

ReplyDelete
  4. kalau yang bandros bandung pernah denger beli tiket harganya 10.000 tapi tau deh,,
    pengen ngerasain naek sih,, tapi sayang udah gak tinggal disana lagi,, huhuhu

Replies
    1. seriously? gue kurang tau juga soalnya modal googling doang.
      rencana mau nyobain bandros juga soalnya hehehe

Delete
  5. Nice share! Jadi pengin nyobain yang di Solo, keren banget busnya. :)
    Pernah nyoba yang Jakarta City Tour Bus sekali, lumayan enak juga ya. Udah gratis, ada pemandunya pula. Tapi waktu dulu nyoba, peminatnya cuman dikit. Jadi nggak begitu rame, nggak seru. haha

Replies
    1. iya yg di solo keren kaya double decker di inggris.
      pasti nyobainnya udah lama deh makanya masih ada pemandunya, pas gue naik udah gaada.

Delete
  6. bis tingka tahun 80-90 masih ada ga yak...
    salam kunjungan salam perkenalan sist

Replies
    1. waduh bis tingkat 80an mah udah gaada dari jaman kapan tau, tapi kopaja sama metro mini masih eksis.
      salam kenal juga, makasih udah mampir.

Delete
  7. wihhh, mantap nih keliling jakarta naik bis bertingkat.
    sensasi nya pasti jauh beda dari kopaja ya :")