Blogger news

Sunday, 12 April 2015

What Should Not To Do On TransJakarta

Helloooo I'm back!!! Sebagai seseorang yg belom bisa mengendarai kendaraan sendiri (bukannya gabisa ya :p) gue termasuk orang yg rutin naik kendaraan umum buat menjalani aktivitas sehari-hari (alternatif lainnya nebeng orang) dan salah satu transportasi umum yang gue sering naikin yaitu bis transjakarta, atau yg biasa kita sebut busway. Sebagai orang yg lumayan taat peraturan (inget ya lumayan), kadang gue suka sebel liat kelakuan oknum pengguna transjakarta yg bikin gue kesel sendiri. Gue sekarang mau kasih tau hal apa aja yg ga seharusnya lo lakuin kalo lo mau naik bis transjakarta.


1. Slow Walking People
Sebenernya gaada salahnya lo jalan lambat pas ngelewatin jembatan busway tapi pastiin lo jalan dipinggir, dan satu lagi kalo kalian jalannya berdua sama temen jangan ngalangin jalan apalagi di jam-jam orang berangkat dan pulang kerja. Mungkin lo ga buru-buru tapi kan lo gatau orang yg dibelakang lo itu buru-buru apa ga, bayangin aja kalo orang yg dibelakang lo buru-buru dan ternyata dia gabisa lewat gara2 lo jalan berdampingan apalagi ditambah pake ngobrol, i know that feeling, bro.

2. Dahulukan Yang Turun
Gue pernah dalam situasi dimana transjakarta yg gue naikin itu penuhnya minta ampun, dan pas gue mau turun eh orang yg di halte udah main masuk aja. Padahal disitu udah ada tulisan dahulukan yg turun. Gimana atuh?

3. Jangan Berdiri di Pintu
Yg gue maksud disini beda loh ya kalo keadaan bis lagi penuh banget dan orang yg yg milih berdiri di depan pintu karena jarak haltenya deket. Yg gue ga habis pikir disini yaitu sama orang yg suka banget berdiri di depan pintu TransJakarta padahal di dalem masih lumayan kosong dan tujuan dia masih jauh.  Kalo gue pribadi sih lebih milih berdiri di bagian dalem karena menurut insting gue, kalo lo berdiri di dalem kemungkinan lo buat dapet duduk jauh lebih besar.

4. Jangan Duduk di Bangku Prioritas
Sebenernya siapa aja boleh duduk dibangku ini, tapi jangan kesel kalo pas ada lansia, ibu hamil, ibu dengan balita atau penyandang disabilitas kamu jadi orang pertama yg diminta buat berdiri. The seat is theirs, right? Just in case kalian gatau kursi prioritas yg mana sih? Itu loh yg kursinya warna merah, kalo warna kursinya sama semua kursi prioritas ini ada di deket pintu bis, dan biasanya di kaca bisnya ada sticker tulisan kursi prioritas.

5. Jangan Dorong-Dorongan
Gue gangerti deh kenapa pada suka banget dorong-dorongan pas lagi keadaan penuh. Lo dorong orang yg didepan lo ga bakal bikin lo cepet naik ke bisnya. Itu cuma bahayain orang yg ada didepan. Jadi sabar aja pas mau naik or turun, ga bakal ditinggal kok sama abangnya.

Itu dia 5 hal yang sebaiknya ga lo lakuin saat naik bis Transjakarta, sebenernya hal-hal diatas udah sering dikasih tau sama petugas atau ditulis di LED di dalam bis, tapi mungkin banyak yg ga pay attention. Well, that's it for today, see you soon on my next post. Byeeeeeeeeeeeeeeeee! 

2 comments:

  1. begitulah suka-duka busway.
    yang terpenting, pastikan hafal peta...
    gue pernah salah transit. seharusnya transit di benhil, malah di harmoni.
    resikonya begitu deh. harmoni ruame banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya harus apal urutan haltenya kalo keterusan males banget nunggunya lama lagi

      Delete