Blogger news

Saturday, 16 April 2016

Stay Positive

pict by dribbble.com
Halo blog! Sudah lumayan lama gue ga curhat disini karena sebenernya kurang suka juga curhat di blog. Kali ini sebenernya gue bukan mau curhat tapi mau bahas sesuatu yang kebetulan terjadi di kehidupan gue. 

Kalau kalian ga tau atau gue udah pernah bilang di postingan gue yang dulu-dulu kalo gue ini punya anxiety dan kadang hal ini membuat gue sulit menjalani hidup. Sebenernya bukan sulit terus jadi gabisa ngapa-ngapain tapi lebih ke efek di kehidupan gue. Gue ini sebenernya tipe orang yang selalu menganggap segala kejadian yang ada di kehidupan gue itu adalah sebab gue, bahkan walaupun dipikir pakai logika orang lain yang salah gue selalu aja ada fikiran negatif yang membuat gue menyimpulkan bahwa kejadian itu adalah salah gue. Karena hal inilah kadang gue stress sendiri mikirin hal itu dan sedih bukan main karena merasa gue selalu melakukan hal yang salah even gue udah berusaha melakukan segala yang terbaik menurut gue. 

Jadi beberapa bulan lalu gue kenal dengan cowo yang gue ga bakal nyangka setelah gue banyak ngobrol sama dia dan diskusi ini itu jadi membuat gue berfikir banyak. Dia kaya membuka pikiran gue dan membuat gue melihat dari sudut pandang yang lain. Salah satunya hal yang gue jelasin diatas. Gue sempat cerita ke dia soal masalah gue yang selalu menyalahkan diri sendiri atas segala kejadian yang terjadi di kehidupan gue dan gue selalu menganggap diri gue gapunya kelebihan.

Gue jadi sadar kalau gue gaboleh terlalu keras sama diri gue. Gue harus melihat sesuatu dari sisi positifnya dan ga selalu berfikir bagaimana caranya ga mengecewakan orang lain. Karena kebiasaan gue yang selalu menyalahkan diri sendiri itu adalah kurang taunya gue sama diri gue sendiri, gue gatau apa kelebihan gue karena gue selalu fokus sama kekurangan gue, dan itu ga bagus. Kebiasaan gue yang selalu berusaha buat nyenengin orang lain dan takut mengecewakan orang lain pun bikin gue stress sendiri saat orang itu pergi ninggalin gue atau benci sama gue. Gue pun diingatkan kalau mau seberapa keras gue berusaha ga mengecewekan orang, kalau orang itu memang mau pergi ya mereka bakal tetep pergi, dan itu bukan salah gue karena pada dasarnya gue ga mengecewakan mereka karena memang mereka yang mau pergi.

Memang bener kalau kita mau belajar jadi orang yang lebih baik kita harus sering-sering diskusi sama orang lain, tukar pikiran, liat sesuatu dari sudut pandang yang lain. Gue pun berinisiatif untuk membuktikan kalau gue memang punya kelebihan seperti apa yang dikatakan temen gue itu, gue pun bertanya ke orang-orang terdekat gue apa kelebihan dan kekurangan gue dimata mereka, jawabannya pun sangat bervariasi ada yang bikin gue ga nyangka, ada yang bikin gue ketawa bahkan ada yang bikin gue kaget. Gue ga nyangka bahwa apa yang gue pikirkan selama ini berbanding terbalik sama apa yang temen-temen gue ungkapkan. 

Jadi intinya dari cerita random gue diatas gue cuma mau bilang kalau berfikir positif itu banyak banget manfaatnya apalagi buat orang yang anxiety kaya gue. Yang terpenting kita berlaku baik dan berusaha jadi orang yang lebih baik dari hari ke hari. Orang lain gimana nantinya ke kita masalah belakangan, karena setiap orang selalu punya alasan buat suka atau ga suka sama kita, buat ngejatuhin kita, ninggalin kiat, atau selalu aja ga puas sama kita mau kita berlaku sebaik apapun. Gausah pikir yang aneh-aneh karena gaada gunanya, mending mikir gimana bikin diri sendiri bahagia, dan orang-orang yang kita sayang bahagia.

Terima kasih buat temen gue yang udah ngerubah cara pandang gue dan buat gue bangga sama diri gue sendiri. Love yourself and stay positive.

pict by liftupideas.com

4 comments:

  1. Gue jg ada kecenderuangan kayak gitu sih. Sampe sekarang masih. Tapi gue ga selalu nyalahin diri gue sendiri jg sih. Ya kdang, emg ksalahan org lain, msa iya gue ngaku klo kslahan itu murni kslahan dri gue sndri.

    Ga nyangka aja, trnyata elu ngidap hal kayak gni ya, dit. Banyakin bergaul lah. Tpi ya klo gue, bnyak bergaul sih, tpi yaaa... kalo mau curhat sma org lain, mulut gue mendadak berenti ngomong. Ya mngkin krena emg masalah masa lalu gtu ya, prnah dikhiantin tmen, trus skrg malah ga trbuka. Alay bget yak. Eheh

    Nah, tdi kan lu udh nnyain sma tmen" lu tuh, kelebihan elu apa. Nah, ga mau lu share disini gtu? Sapa tau, ad yg mau ngasih arahan trhadap kelebihan yg lu pnya itu kan(?)

    Setiap org pnya kelebihan kok. Allah ga mngkin ngasih cobaan d luar batas kemampuan elu kok.
    Nyambung ga sih kata" gue(?)😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatau kalo gue ada aja gitu pikiran jeleknya, biarpun gue tau itu salah dia pasti gue mikir "jangan2 dia begitu karena gue begini?" dan lama2 stres sendiri gue.

      hahahaha gausah deh, biar buat gue aja masukannya buat gue intropeksi diri.

      Delete
  2. Intinya Kak Dita harus menyadari atau mengenali apa yg bikin kita enggak nyaman atau insecurities-nya Kak Dita. Kalo kita sudah introspeksi tentang ketidaknyamanan kayak yg dipunya oleh kak Dita (anxiety), itu bagus, langsung hadapi insecurities-nya. Menyalahkan diri sendiri itu gak boleh, Kak, apalagi sampai merendahkan diri sendiri, sadis banget. Pokoknya jangan terlalu kejam sama diri sendiri. Love yourself, Kak. :D

    ReplyDelete
  3. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing ko Dita, keep calm dan jangan terus-terusan menyalahkan diri sendiri lumayan nggak baik juga itu hehe. Semangat Dita :)

    ReplyDelete