Blogger news

Sunday, 12 June 2016

I Am Ambivert

Dari masa-masa gue remaja, gue selalu yakin kalo diri gue ini adalah seorang yang introvert. Gue meyakini hal itu sampai satu tahun lalu gue iseng ikut test psikologi kepribadian dan gue kaget akan hasilnya. Yap, gue bukan introvert, tapi ambivert.
Buat kalian yang baru pertama kali denger dan bingung apa itu ambivert, jadi ambivert adalah sesorang yang punya kepribadian introvert dan ambivert. Jadi kadang kamu ngerasa introvert tapi kadang juga kamu merasa jadi orang yang ekstrovert.

Kalau kamu bingung apakah kamu ambivert juga kaya gue, mungkin ciri-ciri di diri gue ini juga pernah kalian alamin di kehidupan kalian.

1. Bertemu Orang Baru di Tempat Baru
Gue selalu merasa gue seneng kenalan dengan orang baru tapi gue ga cukup berani buat memulai percakapan. Tapi di sisi lain gue excited saat orang lain yang mulai ngajak gue ngobrol dan memulai percakapan. 

2. Pergi ke Acara Pertemuan/Reuni/Undangan
Sejujurnya gue seneng kalo diundang ke acara pertemuan, atau reuni ataupun kadang gue pengen ikut ke satu komunitas atau satu perkumpulan yang gue rasa sesuai dengan passion gue. Tapi gue gabisa pergi sendiri atau gabung di kegiatan itu sendiri, gue harus punya at least satu temen buat nemenin gue. Gue akan lebih nyaman kalo ada 1 orang temen deket gue ikut nemenin, karena gue susah memulai perkenalan di awal dan gue akan banyak diam tapi untuk selanjutnya gue bakal sering ngomong kalo udah kenal satu sama lain. Satu lagi alasan kenapa gue harus ngajak temen gue adalah gue itu super awkward person, gue canggung abis dan kadang suka kikuk sendiri jadi ya kalo ada temen mengurangi kekhawatiran gue untuk jadi canggung didepan orang yang gue belom akrab.

3. Centre of Attention?
Gue gasuka jadi pusat perhatian dan diliatin banyak orang dalam lingkup yang besar (pernah request ke bos supaya gausah kasih surprise ultah karena gamau dinyanyiin orang sekantor dan jadi perhatian mereka), tapi gue lumayan suka jadi centre of attention dalam lingkungan teman yang lebih kecil seperti diantara 4-5 orang. Gue suka bikin joke2 saat lagi sama teman2 deket gue tapi jangan harap gue berani buat ngomong didepan kelas. Nope.

4. Percakapan 
Gue suka ngobrol, suka banget. Tapi dengan orang-orang yang gue anggap dekat dan nyaman. Saat gue dalam satu diskusi yang melibatkan banyak orang mungkin gue akan lebih sering jadi pendengar dari pada orang yang berkontribusi memberikan pendapat, tapi bukan berarti gue bakal diam sepanjang diskusi. Tapi kalau udah bahas topik yang gue suka, mau itu lingkup segede apa juga gue jabanin.

5. Perspektif dari Orang Lain
Orang-orang yang ada disekitar kamu kasih pandangan yang berbeda tentang kamu. Kaya orang kantor ada beberapa yang bilang gue ini outgoing dan mudah bergaul walaupun dalam hati gue ga ngerasa seperti itu. Di sisi lain ada juga yang bilang gue pendiam dan harus sering-sering ngumpul walaupun dalam hati gue mau ngumpul tapi ya kadang gue malas aja. 

6. Hang Out or Stay at Home
Gue seneng kalo diajak main sama temen-temen gue, gue jarang nolak ajakan main kecuali kalo gue lagi boke hahahaha. Tapi gue bukan tipe orang yang setiap ada waktu luang harus pergi keluar dan ga betah lama-lama dirumah. Gue juga bisa ngabisin waktu libur gue seharian dirumah cuam buat internetan atau leyeh-leyeh dikamar. Jadi ya hidup harus balance deh hahaha

Tuh kalo kamu ngalamin apa yang gue alamin bisa jadi kalian juga ambivert kaya gue, jadi kalian gausah bingung kalo kadang ngerasa jadi introvert atau kadang jadi extrovert, itu berarti kamu ada ditengah-tengah yaitu ambivert. Gue butuh waktu sekitar 23 tahun buat tau kalo gue ini ambivert karena gue selalu ngira gue ini introvert padahal gue ini ambivert ditambah awkward aja. 

Segitu dulu postingan gue kali ini, semoga bisa menambah wawasan kalian, dan juga ngisi waktu ngabuburit kalian. Sampai ketemu di postingan selanjutnya, Danke!

5 comments:

  1. Postingannya bagus, kak. Fakta buat saya juga. Wkwkkww...

    Mampir juga ya, Kak.

    www.ghostaflaha.blogspot.com.

    :)

    ReplyDelete
  2. Nice article!


    www.fanywijey.com

    ReplyDelete
  3. Yap gue juga ambivert, tapi lebih dominan ke introvertnya sih. :(

    Tapi aku bangga jadi seorang introvert !!

    ReplyDelete
  4. Postingan ini mewakili saya banget, Kak Dita. Terima kasih sekali untuk menuliskan ini dan mengepost ini, pokoknya keren, dan kadang saya sulit untuk mengungkapkan sifat dan kepribadian saya dalam menulis dan ngebaca ini saya ngerasa anjayy,, berasa ngaca gitu, keren abis.

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat sekali informasinya,saya juga memiliki informasi seputar Psikologi,berikut link mengenai Informasi Seputar Psikologi

    ReplyDelete