Blogger news

Sunday, 27 November 2016

Anime Week: Recommended Anime Movie

Gue merasa bersalah telah menelantarkan blog gue sekian lama dan menjadikan tahun ini tahun kedua dengan postingan paling sedikit setelah 5 tahun lalu gue cuma posting sebanyak 7 postingan selama setahun. Oke enough.

Entah kenapa banyak orang yang ga suka nonton anime dengan alasan kartun itu kan untuk anak-anak. Padahal walaupun berbentuk animasi tapi banyak banget kok anime yang ceritanya cenderung ditujukan buat usia remaja keatas dibanding untuk anak-anak. Di anime week kali ini gue mau kasih rekomendasi film-film anime yang menurut gue wajib kalian tonton. Karena ini film jadi ga bakal ngabisin banyak waktu kalian kok.





8. Kotonoha No Niwa (The Garden of Words)

Film ini bergenre drama romance, bercerita tentang Takao Akizuki seorang pelajar SMA yang punya cita-cita jadi seorang designer sepatu. Pada satu hari saat hujan Takao tidak masuk sekolah dan lebih memilih untuk menggambar design sepatu di sebuah taman. Ditempat itu Takao bertemu dengan Yukari Yukino yang berusia lebih tua darinya terlihat dari pakaian yang dikenakan seperti seorang pekerja kantoran. Sejak saat itu mereka sering bertemu ketika hujan.

Salah satu hal yang gue suka dari film Makoto Shinkai adalah gambarnya yang bagus banget dan detail.


7. Byōsoku 5 Centimeter (5 Centimeters per Second)


Film ini juga bergenre drama romance bercerita tentang hubungan antara Takaki Tōno dan Akari Shinohara. Mereka bersahabat sejak dari SD sampai satu ketika Akari harus pindah. Mereka masih sering menulis surat satu sama lain. Pokoknya diceritain deh perjalanan mereka berdua dari SD, SMA, sampai mereka kerja. Tapi gue sebel karena dengan anime dengan gambar secantik ini ceritanya lumayan sedih hahaha.



6. Hotaru No Haka (Grave of the Fireflies)


Salah satu film anime yg sedih banget menurut gue. Ceritanya berlatar perang dunia II dimana dua orang kakak adik yang berjuang bertahan hidup ditengah masa-masa perang. Kakak harus merawat adiknya yang masih kecil seorang diri setelah ayahnya yang meninggal di peperangan dan ibunya yang tewas terkena serangan bom udara.


5. Summer Wars

Awalnya agak under estimate sama film ini karena poster filmnya kurang menarik hahaha. Tapi setelah liat ini film karya Mamoru Hosoda gue coba deh buat nonton karena mostly film-filmnya yang lainnya gue suka.

Jadi ceritanya pada saat itu virtual world game yang bernama OZ sedang populer dan hampir semua orang punya akun di OZ bahkan berbagai perusahaan baik swasta maupun pemerintah juga ikut serta dalam OZ.

Kenji Koiso seorang yang jenius yang kebetulan bekerja paruh waktu sebagai moderator OZ diundang Natsuki Shinohara untuk menemani Natsuki ke acara perayaan ulangtahun neneknya ke 90. Ketika dirumah nenek Natsuki ia menerima pesan aneh dari orang tak dikenal yang menantang dia untuk menyelesaikannya. Kenji mampu memecahkan kodenya namun itu malah jadi awal kekacauan besar untuk Jepang.

Eh ini kan film keluarga dan lebih ke gaming ya, tapi gue mewek masa pas nonton aneh banget hahaha



4. Hotarubi no Mori e (Into the Forest of Fireflies' Light)

Sebenernya ga sengaja nonton film ini dan kayanya pernah liat beberapa kali di tumblr jadi gue coba buat tonton. Jadi filmnya tentang Takegawa Hotaru yang selalu bersemangat setiap musim panas tiba karena ia bisa mengunjungi rumah pamannya di desa. Tapi alasan utama ia sangat senang adalah bukan karena ingin mengunjungi pamannya, tapi ia bisa mengunjungi Gin, arwah yang menolongnya keluar dari hutan dekat dengan rumah pamannya saat ia berusia 6 tahun.

Tenang, film ini bukan film horor jadi gausah takut. Ini drama romantis kok dan sebagai pecinta shojo aku suka film ini.


3. Sen To Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Spirited Away salah satu film anime yang sangat populer bahkan yang bukan penggemar anime mungkin familiar dengan film ini. 

Film ini bercerita tentang Chihiro yang hendak pindah bersama keluarganya, namun diperjalanan ayahnya salah mengambil jalan dan berhenti didepan sebuah lorong. Karena penasaran kedua orangtua Chihiro masuk kedalam lorong tersebut. Karena takut Chihiro memberitahu orangtuanya untuk kembali ke mobil namun orangtuanya tetap melanjutkan perjalanan. Mereka pun terkejut melihat satu taman bermain yang sudah terbengkalai dan tidak berpenghuni. Mereka tidak tahu bahwa jembatan menuju taman bermain itu adalah perbatasan antara dunia manusia dan dunia arwah.

Film ini memorable banget, unik dan agak bizarre gitu. Ya karena tokoh-tokoh di film ini emang bizarre. Apalagi bayi raksasa yang gue agak bingung itu asal muasalnya gimana hahaha.


2. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)
Gue lumayan seneng nemu film ini, karena iseng-iseng dan gatau ini film tentang apa cuma bermodalkan ngeliat gambar posternya yang bagus gue nekat nonton aja. Tapi ternyata filmnya bagus.

Ceritanya tentang Hana seorang mahasiswi yang awalnya hidupnya biasa aja, sampai satu hari ia melihat mahasiswa yang agak misterius disalah satu kelas mata kuliahnya. Ia memberanikan diri untuk mengajak ngobrol pria itu dab ternyata pria itu bukan mahasiswa universitas tempat ia sekolah. Sejak berkenalan mereka semakin dekat dan berpacaran. Pada satu ketika pria itu memberi tahu Hana bahwa dirinya adalah seorang manusia serigala. Namun setelah tau bahwa pria tersebut seorang manusia serigala bukannya menjauh namun Hana tambah cinta dengan kekasihnya dan memutuskan untuk berkeluarga. Mereka pun memiliki dua orang anak yang diberi nama Ame dan Yuki.



1. Kimi No Nawa. (Your Name.)


Nomor satu ada Kimi No Nawa (Your Name.) Film yang menurut gue keren banget. Ceritanya tentang Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu yang bingung ketika teman-teman dan orang disekitarnya bercerita kalau hari sebelumnya mereka bertingkah aneh dan seperti kebingungan. Mitsuha sering mendapat mimpi aneh yaitu dia sering bermimpi menjadi seorang siswa di pusat kota Tokyo, begitu pun dengan Taki yang kerap bermimpi menjadi seorang siswi di pedesaan.

Awal nonton agak bingung sama ceritanya, alur maju mundur dan banyak plot twist. Tapi kalo nyimak ini film keren banget kok beneran. Jadi gue saranin kalo nonton film ini jangan sambil ngobrol ya lagipula film sebagus ini siapa yang rela nonton sambil ngobrol haha. Semoga bisa masuk nominasi oscar ya.




---

Jadi dengan keputusan yang amat sangat berat itu dia 8 anime movie rekomendasi gue yang bisa kalian tonton buat menemani hari libur kalian atau ya sekedar iseng aja. Oiya gue itu tipe orang yang kurang jago dalam menceritakan kembali film yang udah gue tonton jadi mungkin yang kalian baca diatas ga menarik walaupun sebenernya film diatas itu bagus bagus semua, demi kepuasan bersama lebih baik kalian liat sinopsisnya di wikipedia ya hahaha.

Sekian anime week edisi kali ini, semoga gue ga dilanda kemalasan supaya tetap rajin nonton anime dan kasih rekomendasi anime-anime seru lainnya. Sampai ketemu lagi di anime week selanjutnya. Ja Ne!